Pemerintah Kabupaten Kampar Adakan Penertiban dan Penerbitan Administrasi Kependudukan di Desa Sibuak.

  • Whatsapp

kampar, wartategas.com -Kegiatan Penertiban dan Penerbitan Administrasi Kependudukan (Akte Kelahiran, KIA, KTP, KK) di Desa Sibuak Kecamatan Tapung Oleh Forum Anak Kabupaten Kampar (Fakar) Bersama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil,, Pemeriatah Desa Sibuak, Forum Anak Desa Sibuak 17/02 /2021 berjalan tertib dan Lancar.

Kegiatan ini di sambut antusias masyarakat cukup tinggi dengan berbondong-bondong masyarakat hadir di acara ini, tidak hanya dari Desa Sibuak saja yang hadir tetapi juga hadir dari desa tetangga karena kegiatan ini menyangkut administrasi kependudukan dan hak anak.

Sesuai dengan tugas pokok dan fungsi Dinas kependudukan dan catatan sipil adalah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan dokumen kependudukan, bahwa dokumen kependudukan adalah dokumen dasar terhadap seluruh pelayanan apapun di Negara Republik Indonesia ini. artinya tanpa NIK KTP dan KK kita tidak akan bisa dilayani dalam bentuk apapun. apalagi sekarang semuanya sudah online

“Kegiatan hari ini adalah kegiatan yang sangat luar biasa dampaknya yang dirasakan oleh masyarakat karena kegiatan ini menyangkut administrasi kependudukan terutama pemenuhan hak anak yang kebetulan yang mentaja kegiatan ini kerjasama antara Pemerintahan desa sibuak, dinas kependudukan dan catatan sipil, forum anak kabupaten kampar dan Dinas Perlindungan Perempuan dan Anak. kedepannya akan rutin mengadakan kegiatan seperti ini agar masyarakat tidak lagi kesulitan untuk menertiban administrasi kependudukannya, karena keluhan masyarakat selama ini Ke Capil itu berangkat harus pagi-pagi sekali kemudian menungggu sampai sore hari, kadang juga ndak kebagian antrian. maka masyarakat menyampaikan masukannya agar sesekali diundang dari Dinas Dukapil supaya bisa pelayanan di masyarakat langsung dan lebih dekat kemasyarakat sehingga masyarakat merasa terlayani. ” Ucap Muizin Kades Sibuak.

” Kami forum anak kampar alhamdulillah bisa melaksanakan kegiatan ini dalam rangka pemenuhan hak anak klaster satu yaitu hak sipil dan kebebasan. ini merupakan salah satu kegiatan dalam rangka mewujudkan Kabupaten layak anak yang akan kita wujudkan sampai ke desa layak anaknya, sehingga anak-anak kita yang lahir mendapatkan haknya di bidang Administrasi kependudukannya, sehingga nanti tidak menyulitkan orang tua dalam memenuhi hak-hanya yang lain” Jelas Satiti Rahayu, SKM. MKM Kabid Perlindungan Anak di Dinas DPPKBP3A Kabupaten Kampar.

Kabupaten Kampar adalah salah satu kabupaten layak anak, Maka dari itu semua kebutuhan-kebutuhan anak, terutama kebutuhan Administrasi kependudukan harus terpenuhi. karena kemajuan teknologi kita bisa memberikan langsung menerbitkan dokumen di lapangan seperti ini, jadi banyak kemudahan dalam memberikan pelayan dan itu harus kita manfaatkan. Selain KTP, KK kita juga menerbit kartu Indonesia Anak (KIA). Dokumen penduduk ini adalah dokumen dasar dan hak warga dan harus di sampaikan kewarga dengan persyarat-persyaratan yang tertentu. Dan kami hadir adalah dalam rangka memberikan pelayanan yang membahagiakan bagi masyarakat. ” Tutup Muslim, S.Sos Kadis Dukcapil Kab. Kampar.

Dimasa pandemi covid ini dinas kependudukan dan catatan sipil berupaya memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat sehingga tidak terjadinya penyebar pandemi covid 19 ini,

Berkaitan dengan kegiatan kabupaten kampar yaitu DPPKBP3A kabupaten kampar dalam upaya kesejahteraan keluarga dan anak ini, bahwa kabupaten kampar 2 tahun berturut-turut mendapatkan penghargaan Kabupaten Layak Anak tingkat Pratama. Insya Allah tahun ini kita akan mentaja bagaimana desa Sibuak ini menjadi desa layak anak dan itu perlunya dukungan Masyarakat. kami akan terus membina desa ini menjadi terbaik di kabupaten Kampar.

“Ada beberapa hak harus kita lakukan terhada anak, salah satunya memberikan kesempatan untuk bermain, kemudian kesehatanya terlindungi dan identitasnya harus di dapatinya. kami terus berkoordinasi dengan catatan sipil, setiap anak yang lahir harus mendapatkan akte kelahiran. berkaitan dengan kekerasan anak banyak peristiwa dan kejadian tehadap anak, kita akan membantu dan menfasilitasinya sehingga anak ini tidak troma. untuk itu mari kita dukung bersama program-program di desa bersama Kepala desa dan perangkatnya.” Ucap Edi Afrizal, M.Si Kadis PPKBP3A Kab. Kampar.

Reporter : Em. Latif

0Shares

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar

  1. 691435 367710Aw, this was a extremely nice post. In thought I wish to put in writing like this in addition – taking time and precise effort to make an superb article but what can I say I procrastinate alot and under no circumstances seem to get something done. 942138