Sesuai Agenda Presiden RI. Joko Widodo. Langsung Turun Kelokasi Proyek Tol Pekanbaru – Bangkinang Kabupaten Kampar. Rabu,

  • Whatsapp

Kampar, wartategas.com -Sesuai dengan agenda kepresidenan, Presiden RI, Joko Widodo, hari ini resmi kunjungi provinsi Riau. Dalam lawatan kali ini, Presiden langsung turun ke lokasi proyek tol Pekanbaru – Bangkinang Kabupaten Kampar. Rabu, 19/5/2021.

Selain ke provinsi Riau, kabarnya Presiden RI ke 7 itu pun akan mengunjungi Provinsi Kepulauan Riau, dengan agenda yang sama, yakni melakukan peninjauan atas berbagai program pembangunan strategis Nasional lainya.

Terkait proyek tol Pekanbaru Bangkinang Kabupaten Kampar Riau, tidak dipungkiri bahwa sarat dengan berbagai permasalahan sosial sehubungan dengan pembebasan lahan warga sekitar. Terbaru, kabarnya sejumlah masyarakat dan tokoh adat masih menolak pembangunan tol yang diketahui mencaplok sejumlah lahan yang berstatus tanah adat. Apakah permasalahan ini yang menjadi tujuan kunjungan presiden?

Sehari sebelum kedatangan Presiden Jokowi di provinsi Riau, merebak informasi, bahwa wartawan tidak diperkenankan untuk melakukan liputan kunjungan tersebut. Sempat beredar di berbagai group WhatsApp jurnalis Riau, bahwa penrem Korem 031/WB Pekanbaru, Kapten Arm Febrizal, mengeluarkan ID Card bagi para wartawan yang di izinkan meliput kunjungan presiden, namun diketahui, hal itu pun dilarang oleh Paspampres dengan alasan Covid 19.

,”Saya sampaikan pak, bahwa awalnya kita mengeluarkan ID Card bagi rekan-rekan jurnalis yang akan meliput sesuai dengan ketentuan, namun hal itu pun tidak di izinkan oleh Paspampres karena situasi Covid 19, sehingga kami hanya akan mendapatkan link dari live streaming, yang akan diberikan nantinya, mohon di maklumi pak,” sebut Kapten Febrizal selaku Kapenrem Korem 032/WB Pekanbaru.

Hingga berita ini dimuat, Presiden RI Joko Widodo masih berada di lokasi pembangunan jalan tol Pekanbaru Bangkinang, dengan melakukan pengecekan kelapangan, terkait situasi dan hasil progres selama berjalannya proyek tol tersebut.

Dalam live streaming yang di peroleh Redaksi aktualdetik.com, tampak sepasukan Paspampres dan tim dari kementrian PUPR, pihak kontraktor dan rombongan kepresidenan sedang melakukan perbincangan dan memantau langsung kondisi pembangunan tol Pekanbaru Bangkinang.

Selain itu, pihak kontraktor yang melaksanakan pembangunan tol tersebut, dengan cermat memaparkan kepada presiden RI, Joko Widodo, bahwa seluruh pembangunan tol di Sumatera berjalan sesuai dengan rencana. Bahkan pemberi materi pun terdengar mengatakan kepada presiden RI Joko Widodo, semua proyek tol di berbagai daerah di Indonesia akan rampung hingga tahun 2024, dan hal itu di respon presiden RI Joko Widodo dengan menganggukkan kepalanya, sembari mengatakan bahwa tol Pekanbaru Bangkinang harus selesi tahun 2022.

,”Pembangunan tol Pekanbaru Bangkinang ini merupakan proyek strategis Nasional, yang nantinya akan mendukung kegiatan ekonomi Provinsi Riau dan Sumatera Barat, dengan tujuan dapat menghemat waktu lalulintas barang-barang, antar provinsi, sehingga kita harapkan dapat memberikan keuntungan dan peningkatan ekonomi masyarakat,” sebut Jokowi.

Jokowi dalam keterangannya menyebutkan, bahwa progres tol Pekanbaru Bangkinang sudah mencapai kurang lebih 40 Km, dimana tol tersebut diharapkan nya terus dapat dikerjakan hingga mencapai provinsi sumatera barat.

,”Saat ini tol Pekanbaru Bangkinang sudah 40 Km, dan akan terus dilanjutkan hingga ke Padang Sumatera Barat, agar terhubung dengan dua provinsi, sehingga kegiatan ekonomi kita harapkan dapat melaju dengan cepat untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” imbuhnya.

Dalam kunjungannya, tampak Presiden RI Joko Widodo, didampingi Gubernur Riau, Drs Syamsuar dan rombongan lainya dari Pemprov Riau, serta Pemkab Kampar.

0Shares

Pos terkait