Waw Kisah Tak Biasa Suami-Istri Bersaing di Pilkades, Sama-sama Siap Kalah

  • Whatsapp

Penajem Paser Utara – Kasiyono dan Emilia Kartika, pasangan suami-istri, memperebutkan kursi kepala desa Wonosari periode 2022-2028, Kabupaten Penajem Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim). Keduanya mengaku siap kalah.
“Saya dan istri sama-sama siap kalah. Makanya, kami tidak ada kampanye, tetapi melakukan sosialisasi untuk menyukseskan pilkades serentak pada tanggal 15 Desember mendatang,” ujar Kasiyono dilansir dari Antara, Minggu (21/11/2021).

Dalam Pilkades kali ini, Kasiyono mendapatkan nomor urut 02. Sementara istrinya, Emilia, nomor urut 01. Kasiyono merupakan pertahana yang menjabat Kepala Desa Wonosari sejak 2016.

Selain siap kalah, Kasiyono siap bila memenangi perebutan kursi nomor 1 di Desa Wonosari. Ia mengaku akan melanjutkan program-program yang sebelumnya belum tuntas, seperti pengembangan ekowisata gua.

Pada Pilkades saat ini, jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di Wonosari sekitar 900 orang. Namun, ia tidak menargetkan berapa persen suara yang harus digenggam. Sebab, lawannya adalah istri sendiri.

“Enam tahun lalu jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di Wonosari tercatat 700-an orang, kemudian yang datang menyalurkan suara ada 600-an orang. Dari total suara tersebut, saya mendapat suara 80 persen,” katanya.

Sementara itu, Emilia juga menyatakan siap kalah. Ia justru mengkampanyekan masyarakat untuk mencoblos nomor urut 02, yakni suaminya.

“Saya mencalonkan menjadi kades pada detik-detik terakhir penutupan penyerahan formulir pendaftaran karena hingga tanggal akhir batas penyerahan formulir pendaftaran, hanya suami saya yang daftar. Jika hanya ada satu calon, pilkades akan ditunda,” katanya.

Diketahui, batas waktu penyerahan formulir pencalonan kepala Desa Wonosari yakni tanggal 21 September 2021. Namun, bila yang mendaftar hanya 1 calon, waktu pendaftaran ditambah 20 hari.

Pilkades serentak di Kabupaten Penajem Paser Utara dilaksanakan serentak pada 15 Desember 2021. Ada 14 desa yang terlibat, yakni Wonosari, Tengin Baru, Bukit Raya, Bukit Subur, Girimukti, Sumber Sari, Babulu Darat, Rawa Mulia, Gunung Makmur, Sebakung Jaya, Babulu Laut, Sri Raharja, Sesulu, dan Api-Api.

0Shares

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

14 Komentar

  1. Very good website you have here but I was wondering if you knew of any message boards that cover the same topics talked about in this article? I’d really like to be a part of online community where I can get responses from other knowledgeable people that share the same interest. If you have any recommendations, please let me know. Thanks a lot!