Presiden Jokowi Tiba di Ukraina, Terlihat Santai Tak Pakai Rompi Antipeluru, Saat Ini Bertemu Zelensky

  • Whatsapp

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Iriana Jokowi tiba di Ukraina setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih 11 jam. Jokowi bakal bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Presiden Jokowi dan rombongan terbatas akhirnya tiba di Peron 1 Stasiun Central Kiev, Ukraina, sekitar pukul 08.50 waktu setempat, Rabu (29/6/2022). Perjalanan ditempuh selama sekitar 11 jam dengan menggunakan kereta api dari Polandia.

Setibanya di Kiev, Paspampres terus berada di sekeliling Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi. Mereka menggunakan atribut lengkap di antaranya helm, rompi anti peluru, dan selalu menenteng senjata laras panjang.

Atribut lengkap itu digunakan karena situasi Ukraina yang masih berada dalam gempuran pasukan Rusia. Bahkan sebelum berangkat, Paspampres sudah menggelar latihan khusus pengamanan selama kegiatan di sana.

Bahkan, Danpaspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo mengungkapkan pihaknya sudah menyiapkan sejumlah peralatan, termasuk helm dan rompi anti peluru bagi Jokowi selama berada di Ukraina.

“Kita sudah siapkan helm rompi yang kemungkinan kalau memang berkenan digunakan untuk kegiatan di sana kita juga sudah siapkan semuanya,” kata Mayjen TNI Tri Budi Utomo saat dimintai tanggapan, Kamis (23/6).

“Semua delegasi yang akan ikut kita siapkan,” tegas Mayjen Tri Budi.

Paspampres juga sudah berkoordinasi dengan pihak Rusia-Ukraina dan diberi keleluasaan membawa senjata laras panjang dan amunisi tidak terbatas.

“Untuk senjata yang biasanya kita tidak menggunakan senjata laras panjang, dari pihak Ukraina juga sudah memberi kita keleluasaan untuk membawa senjata laras panjang sesuai dengan jumlah personel paspampres kita dengan amunisi yang tidak terbatas,” ungkapnya.

Sebanyak 39 Paspampres akan mengawal kunjungan Presiden Jokowi di kedua negara yang tengah berkonflik tersebut. Di antaranya terdiri dari 10 Tim Matan (penyelamatan), 19 grup utama (main group) dan 10 (tim advance).

Di Ukraina, Jokowi dan rombongan akan melakukan serangkaian kegiatan. Yang pertama adalah mengunjungi puing-puing kompleks Apartemen Lipky di Kota Irpin. Selain itu, Jokowi dan Iriana akan berkunjung ke Pusat Ilmiah dan Bedah Endokrin, Transplantasi Organ dan Jaringan Endokrin Ukraina di Kota Kiev.

Pada siang harinya, Jokowi akan ke Istana Maryinsky untuk melakukan pertemuan dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy.

Sementara pada sore harinya, Jokowi, Iriana, dan rombongan terbatas akan kembali ke Stasiun Central Kiev untuk kemudian bertolak menuju ke Stasiun Przemysl di Polandia dengan menggunakan KLB.

0Shares

Pos terkait