Banjir Meluas Ke Sejumlah Kecamatan Kabupaten Aceh Tamiang, Provinsi Aceh,

Aceh, wartategas.com – Rabu (2/11/2022)

Banjir di Aceh Tamiang semakin meluas setelah luapan sungai merendam beberapa titik jalan lintas Sumatera tidak itu saja namun rumah warga terendam banjir dengang ketinggian 2 meter Rabu(2 /11/2022) siang.

Meluasnya banjir ini tak terlepas dari masih tingginya curah hujan yang mengguyur hampir seluruh wilayah Aceh Tamiang, mulai Senin (31/10/2022) petang hingga mendekati subuh.

Kondisi ini menyebabkan kawasan permukiman penduduk desa atau di Kota Kualasimpang yang berdekatan dengan sungai sudah tergenang sejak malam.

Salah satu wartawan wartategas dede berada di Desa babo kecamatan bandar pusaka Kabupaten Aceh Tamiang memantau keadaan banjir yang melanda kabupaten Aceh
Dalam pantauan tersebut terlihat warga mengungsi dan menyelamatkan barang barang yang bisa di bawa.

“Tadi malam, habis Magrib air sudah masuk ke rumah warga Desa Babo, selanjutnya terus naik sampai ke tinggian 2 meter kata salah satu warga desa Babo, yang rumahnya terendam banjir.

Jika sehari sebelumnya banjir hanya merendam enam kecamatan, saat ini banjir merendam 12 kecamatan yaitu Kecamatan Sekerak, Kota Kuala Simpang, Tenggulun, Tamiang Hulu, Bendahara, Bandar Pusaka, Kejuruan Muda, Seruway, Karang Baru, Mayak Payed, Rantau dan Kecamatan Banda Mulia.

Petugas piket Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tamiang, Khaira Sukma Junina, menyebutkan, total pengungsi hingga hari ini sebanyak 280 kepala keluarga atau 897 jiwa.

“Sedangkan rumah yang terendam mencapai puluhan ribu,”kata Khaira Sukma Junina dalam keterangan tertulisnya.

Saat ini, kondisi banjir terparah berada di Kecamatan Seruway, Kabupaten Aceh Tamiang. Banjir merendam badan jalan lintas kecamatan di kawasan itu.

Dia menyebutkan, petugas gabungan berada di lokasi banjir untuk memastikan keamanan korban banjir.

Selain itu, petugas juga masih melakukan pendataan korban banjir.

“Sedangkan untuk jalan lintas nasional, banjir merendam di Kecamatan Kejuruan Muda dan Kecamatan Karang Baru. Petugas gabungan berada di lokasi untuk memandu pengendara melintas di kawasan itu,” terangnya.

Sebelum diberitakan, banjir merendam ratusan rumah di Kabupaten Aceh Tamiang sejak 1 November 2022 hingga hari ini.

Banjir disebabkan hujan deras sehingga Sungai Tamiang meluap dan merendam sejumlah pemukiman penduduk.

WARTAWAN Dede

0Shares

Pos terkait